Ireland, travell, travelling

Ireland VISA

Bismillahirrahmaanirrahiim.

— spotify.start();
— ehh, yovie and nuno, sebingkai rindu buat mentari :D, jadi inget good old days di pojokan kantor gedung operator kedua (saat itu) di Indonesia 🙂

Yak, setelah dapet konfirmasi #selamat anda diterima#, dimulailah perjalanan mengurus VISA :). Karena ini adalah VISA kerja, maka persyaratan utamannya adalah dokumen kontrak kerja dan greencard. Kalau lihat2 di web nya citizensinformation.ie, ada 2 tipe visa kerja, yaitu working permit VISA dan greencard. Salah satu perbedaan mencoloknya adalah kalau greencard boleh langsung bawa keluarga saat itu juga, sedangkan kalo working permit hanya boleh bawa keluarga setelah 1 tahun disana. Penantian dimulai dari menunggu dengan harap-harap cemas kapan greencard nya dateng dengan selamat. Gak lama ( surprise juga ) ada paketan dari DHL isinya greencard. Oooo ini toh yg namanya greencard, kirain kartu yg warnanya ijo :p, ternyata selembar surat A4 warna putih-kekuning-kuningan :D. Disitu ada informasi nama sesuai passport, foto, nomer greencard, weekly salary *ups, dll.

Nah, karena ini employment VISA, silakan liat link persyaratannya disini : http://www.inis.gov.ie/en/INIS/Pages/Employment%20or%20Intra-company%20Transfer,%20Scientific%20Researcher,%20Training,%20Van%20Der%20Elst

Iya, linknya gak SEO friendly, ada %20 nya, mungkin servernya windows ya, ups 😀
Anyway..

Flownya nanti gini :

1. Isi form online
2. Submit hard copy document yang dibutuhin. Semua hardcopy di copy rangkap 2.
3. Tunggu seminggu kalo syarat2nya dah ok insyaAllah jadi deh.
4. Sebenernya fee VISA Ireland buat Indonesia ini gratis, namun karena sebenernya di Indonesia ga ada kedutaan langsung Irlandia ( adanya honorary consul ), maka semua dokumen yang hard copy tadi akan dikirim ke Irlandia oleh honorary consul Jakarta ( yang tepatnya di BEJ lt.12, kantor pengacara Roosdiono and partners ). Nah, jadinya ada ‘VISA fee’, terakhir biayanya Rp 550.000,- per permohonan VISA 🙂

Nih, saya pastein persyaratan lengkap dari web mereka, beserta penjelasan yg saya tau.

1. Fully complete the online application form, and submit your signed summary application form, photographs and fee.

Di website nya inis.gov.ie itu ada link buat isi form online, disini : https://www.visas.inis.gov.ie/avats/OnlineHome.aspx

Silakan diisi dulu, sebaiknya persiapkan juga passport dan dokumen greencard anda, karena nanti ada referensi tentang nomer-nomer tersebut yg harus diisikan.
2. In addition to the signed summary application form, please also submit a signed letter of application

  • outlining your reason for wishing to visit Ireland
  • giving details of any members of your family who are currently in Ireland, or any other EU State.
  • stating how long you plan to stay,
  • undertaking that you will observe the conditions of your visa, that you will not become a burden on the State, and that you will leave the State on the expiry of your permission to remain.

Nah, setelah isi form online, ini termasuk salah satu dokumen yang harus diserahkan secara hard copy ke honorary consulate. Bikin aja surat pernyataan (in english :p) yang menyatakan bahwa, saya, nama, bla bla, nomer pasport sekian-sekian, ingin mengurus VISA untuk keperluan xxxx, karena telah memperoleh green card dengan nomor yyyy yang berlaku sampai dengan YYYY/MM/DD. Saya berjanji mematuhi ketentuan yang berlaku dan tidak akan menjadi beban bagi negara. Udah deh.. rangkai kata-katanya, trus print 🙂

3. Passport, valid for 12 months, and copy of previous passport if applicable.

Ini ga usah dijelasin kali ya, paspor harus masih berlaku minimal 12 bulan.

4. If you have been refused a visa for any other country, details of this must be given. Submit the original letter issued to you by the authorities of that country. Concealment of visa refusals will result in your Irish visa application being refused.

Ini juga jelas, kalau pernah ditolak VISA negara manapun, silakan di declare, daripada ntar ketauan pas di pintu imigrasi, ga lucu juga baru dateng suruh balik kan 😀

5. A detailed statement of your bank account covering a six-month period immediately prior to your visa application, and showing sufficient funds to cover your costs.

Nah, ini maksudnya rekening koran bank. Saya kemaren 3 bulan aja cukup kok. Bisa rekening koran, bisa juga yg di buku tabungan itu di foto kopi untuk semua transaksi 3 bulan ke belakang.

6. Valid Work Permit / Intra-Company Transfer Permit. Medical Doctors please note: not all non-EEA doctors require an employment permit to work in Ireland. See http://www.inis.gov.ie/en/INIS/Pages/WP10000012 and http://www.djei.ie/labour/workpermits/doctors.htm for further information

Nah, ini maksudnya greencard tadi. Copy dan sertakan dalam form hardcopy yg di submit, inget, rangkap 2.

7. Employment Contract (if any)
8. Letter from employer in Ireland confirming details of the job you will take up and the salary you will be paid. If accommodation is being provided by your employer details of this should also be given.

Ini juga jelas, kontrak kerja. Biasanya dikirim jadi satu sama green card nya. Kalau case saya, mereka kirim kontrak kerja dulu buat ditandatanganin, terus saya harus kirim lagi balik ke mereka. Di dalam kontrak kerja juga biasanya disebutin akomodasi apa yang akan disediain sama pihak employer, dll.

9. Evidence of qualifications and previous work experience in this area may be requested by the visa officer.

Nah, kalau kasus saya, ini kira-2 seperti surat referensi kerja lah, dari employer2 kita sebelumnya. Kasih fotokopiannya aja, rangkap 2 semua ya.

O ya, selain dokumen diatas, waktu itu saya juga lampirkan rencana flight sama hotel tempat menginap. Untuk rencana flight dan hotel, caranya gini :

1. Flight, buka aja website etihad atau emirates, atau apapun maskapai yg punya penerbangan ke Dublin. Isi rencana perjalanan ( tanggal ga pasti juga gpp kok, kan belum tau VISA nya jadinya kapan, yang jelas harus reasonable aja, kira2 3-4 minggu lagi gitu ). Sampai ke halaman konfirmasi, stop, langsung print screen. Yang mereka butuhin cuma capture rencana perjalanan dan transit aja. Ga perlu sampe booking tiket pesawat dulu kok.

2. Hotel, kemaren saya pake http://www.irelandhotels.com, pastikan anda pilih hotel yang bisa di book dengan kartu kredit, dan CANCELLATION nya gratis ! kenapa ? karena case saya, hotel disediain kantor, tapi harus pesen sendiri dulu, dan saya ngga akan pesen sebelum VISA jadi :p. Jadiii, book aja di irelandhotels tadi, pilih hotel mana yang bisa di CANCEL GRATIS. Selesai book, mereka biasanya kita akan dapet email, nah, silakan di print tuh. Kalo udah di print, silakan cancel bookingan tadi 😀

Nah, udah deh, persyaratan udah lengkap. O ya, jangan lupa juga cetak pas foto ukuran paspor, tepatnya 4.5 x 5.5, dimana wajah kita tampak 80% dalam foto tersebut. Backgroundnya putih. Biasanya kalo dateng ke tempat cetak foto besar, mereka pasti tau ukurannya kalo langsung disebutin buat VISA gitu.. Foto sediain 2 lembar, lebih juga boleh buat nanti ngurus2 disini (perjalanan masih panjang loh, VISA ini kan hanya buat masuk aja ke Ireland, ntar sampai disini ngurus kartu GNIB sama Re-Entry VISA lagi, dan butuh foto, mending bawa dari Jakarta ). Dan jangan lupa, semua dokumen yg hardcopy, di copy 2x, karena yg satu set akan dikirim ke konsulat di Singapore, dan set lainnya akan disimpan di kantor honorary consul Jakarta.

O ya, sekalian, ini nomer dan alamat Ireland honorary consul yang di Jakarta. Good luck 🙂

Sinta Roosdiono
Consulate of Ireland, Indonesia
Indonesia Stock Exchange Building, Tower I, 12th Floor
Jl. Jend. Sudirman Kav. 52-53. Jakarta 12190
Ph   +6221 515 1977
Fax +6221 515 1977
Office hours: 9.30am – 12am and 2pm – 4pm

Advertisements